Perjalanan Arema di Kompetisi Asia

10 May 2012 | 11:43 pm | dibaca 4,765 kali kali

Keberhasilan Arema IPL menembus babak 16 besar AFC Cup bisa dibilang membanggakan karena selama ini perjalanan Arema di kompetisi Asia hanya sebatas di babak penyisihan grup.

Roman Chmelo dkk mampu membawa Arema IPL lolos ke babak 16 besar AFC Cup. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya)

Roman Chmelo dkk mampu membawa Arema IPL lolos ke babak 16 besar AFC Cup. (Foto: Ongisnade/Adi Kusumajaya)

Memang harus diakui kompetisi AFC Cup adalah kelas dua di asia, bukan seperti LCA yang memang mempertemukan klub-klub top di asia. Tapi tetap saja dengan lolosnya Arema IPL di babak 16 besar AFC Cup membuat nama Arema di asia berkibar dan juga nama Indonesia. Sempat pesimis bisa lolos, namun di dua pertandingan terakhir kondisi berbalik saat Arema IPL berhasil mengalahkan Ayeyawady 3-0 dan membantai Navibank 6-2.

Sebelumnya, skuad Singo Edan ini tak pernah menang dan hasil bagus hanya saat menahan imbang Ayeyawady 1-1 di stadion Gajayana. Selebihnya, Legimin Raharjo dkk harus mengakui keunggulan Kelantan dua kali masing-masing dengan skor 3-0 dan 3-1. Serta dikalahkan Navibank di Vietnam dengan skor 3-1. Itu adalah catatan Arema IPL sepanjang babak penyisihan dan lolosnya ke babak kedua AFC merupakan pencapaian tertinggi yang pernah diukir Arema.

Sebenarnya bukan hanya musim 2011/2012 saja, Arema mengikuti kompetisi di asia. Klub berjuluk Singo Edan ini sudah mengikuti kompetisi asia pada tahun 1993. Arema saat itu mengikuti LCA setelah menjuarai Galatama XII (1992-1993). Saat putaran penyisihan LCA Di Stadion Gajayana, Kota Malang, 4 September 1993, Aji Santoso dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Quang Nam Dang, Vietnam, dengan skor 1-0. Di kandang Quang Nam, 16 September tahun yang sama, Arema mengalahkan tuan rumah 2-1.

Debut manis Arema terhenti di kaki para pemain The Farmers Bank, klub asal Thailand. Bermain di Stadion Gajayana, 9 Oktober 1993, Arema ditahan 2-2. Tapi, pada 17 Oktober, Arema malah kalah telak 0-4 di kandang The Farmers. Kandaslah langkah Arema.

Kesempatan tampil di ajang LCA kedua didapat Arema setelah menjadi juara Copa Dji Sam Soe 2005 atau Piala Indonesia I. Sialnya, kesempatan ini gagal dijalani gara-gara keteledoran PSSI yang terlambat mendaftarkan Arema dan Persipura Jayapura ke Federasi Sepakbola Asia (AFC). Padahal, semua berkas yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan LCA sudah disetor manajemen Arema (dan juga oleh Persipura) ke PSSI yang saat itu dipimpin Nurdin Halid.

Arema kembali mencicipi LCA ketiga setelah menjuarai Copa Dji Sam Soe 2006 atau Piala Indonesia II. Prestasi Arema di LCA 2007 tidak terlalu buruk. Dari enam pertandingan, Arema membukukan empat poin dari satu kali seri dan satu kali menang.

Hasil seri didapat Arema di kandang Bangkok University. Bertanding pada Rabu, 11 April 2007, kedua tim bermain imbang tanpa gol alias 0-0. Tiga poin diraih Arema dengan mengalahkan lawan yang sama di Stadion Gajayana, Rabu, 25 April 2007. Arema menang 1-0.

Selebihnya Arema kalah. Tampil di kandang sendiri, Stadion Gajayana, Rabu, 7 Maret 2007, Arema menanggung malu usai dikalahkan wakil Jepang, Kawasaki Frontale dengan skor 1-3. Sedangkan di kandang Kawasaki, Rabu, 9 Mei 2007, Arema kalah telak 0-3.

Arema pun dua kali kalah melawan Chunnam Dragons. Klub Korea Selatan ini menang 2-0 di kandangnya, Gwang-yang Football Stadium, Rabu, 21 Maret 2007. Chunnam pun kembali unggul 1-0 di pertemuan kedua yang dihelat di Stadion Gajayana, Rabu, 23 Mei 2007.

Ajang LCA terakhir diikuti Arema pada 2011 dengan finis di dasar klasemen Grup G: kalah 5 kali, imbang satu kali. Arema bersaing di Grup G melawan Cerezo Osaka (Jepang), Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan), dan Shandong Luneng (Cina). Arema mencetak 2 gol dan kebobolan 22 kali.

Kekalahan terbesar dialami Arema di kandang Jeonbuk pada Selasa, 10 Mei 2011. Arema kalah 0-6. Sebelumnya, bermain di kandang sendiri (waktu itu Stadion Kanjuruhan) pun Arema digasak 0-4 pada Rabu, 16 Maret. Kekalahan telak tanpa balas juga dialami Arema saat menjamu Cerezo pada Selasa, 3 Mei. Tim tamu unggul 4-0.

Dan saat ini Arema IPL mewakili nama Arema di pentas asia khususnya kompetisi AFC Cup. Setelah lolos ke babak 16 besar AFC Cup, mampukah skuad asuhan Dejan Antonic ini mengalahkan Kitchee Hongkong untuk lolos ke babak selanjutnya? 23 Mei 2012 semuanya akan terjawab. (onn/tmp/mia)

Komentar:

Radione sik loading ker...

Subscribe to Ongisnade

Recommend this on Google

Arematainment

DC United Kagum Aremania

Kiprah Aremania tampaknya akan semakin terkenal di penjuru dunia. Kalau sebelumnya tim asal Jerman, Eintracht Frankfurt memuji, kali ini DC
Baca selengkapnya

Ongisnadestore.com
Ongisnade.co.id




kritik dan saran