LPI Siap Datangkan Pemain Kelas Dunia

23 November 2010 | 4:04 am | dibaca 8,110 kali kali

Martin Palermo, Robbie Fowler atau Giovanni van Bronckhorst merumput di klub-klub Indonesia? Jangan kaget jika kemungkinan segera menjadi kenyataan, pasalnya konsorsium Liga Primer Indonesia (LPI) siap jalankan konsep marquee player di Indonesia.

Lebih pro? Patut dinantikan realisasi konsep LPI. (Foto: Ongisnade)

Apakah Marquee Player? Marquee Player merupakan konsep yang telah sukses dijalankan di Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat serta A League Australia. Secara harfiah, marquee player berarti pemain bintang yang didatangkan dengan gaji di atas rata-rata, dan dibiayai sponsor.

Misal di Liga Australia, ada dua jenis marquee player. Yang pertama adalah pemain asing yang berstatus bintang, dan yang kedua merupakan pemain lokal yang lama merumput di liga-liga Eropa yang pulang kampung menjelang gantung sepatu.

Bagaimana dengan konsep marquee player yang digagas LPI? Menurut salah seorang penggagas kompetisi ini, Yon Moeis, konsep yang diusung LPI tidak akan jauh berbeda dengan yang telah diterapkan di Liga Australia maupun MLS.

“Tidak apa-apa kami disebut mencontek. Toh, ini merupakan sebuah konsep yang sangat bagus. Dalam prakteknya nanti marquee players yang akan berlaga di LPI akan didatangkan oleh konsorsium.”

“Nilai kontrak dan gaji mereka bakal langsung dibayar konsorsium. Klub tidak usah takut karena sudah ada yang menanggung biaya yang harus dikeluarkan untuk memboyong marquee player.”

Namun, saat disinggung soal nama-nama yang akan dijadikan marquee player, Yon mengaku baru akan mengumumkannya dalam waktu dekat, saat kompetisi yang digagas oleh bos Medco Arifin Panigoro tersebut memasuki pre-season. (den/akb)

Komentar:

Radione sik loading ker...

Subscribe to Ongisnade

Recommend this on Google

Arematainment

DC United Kagum Aremania

Kiprah Aremania tampaknya akan semakin terkenal di penjuru dunia. Kalau sebelumnya tim asal Jerman, Eintracht Frankfurt memuji, kali ini DC
Baca selengkapnya

Ongisnadestore.com
Ongisnade.co.id




kritik dan saran