Preview: Persisam vs Arema

24 October 2009 | 4:55 pm | dibaca 9,857 kali kali

Arema Siap Hadapi Los Galacticos Indonesia
Setelah mengalahkan Bontang FC pada away pertama di Liga Super musim ini, Arema menatap bigmatch lawan tim promosi Persisam Samarinda.

Noh Alam Shah, ingin kembali cetak gol seperti di Bontang
Noh Alam Shah, ingin kembali cetak gol seperti di Bontang. (foto: Ongisnade/Zul)

Dua gol Noh Alam Shah ke gawang Bontang FC memberi kemenangan away perdana Arema sekaligus melambungkan Singo Edan ke puncak klasemen.

Live Report:
Jelang Persisam vs Arema, dikirim oleh Arema Samarinda, Keluarga Besar Paguyuban Arema Samarinda, Kalimantan Timur

Namun di balik kemenangan di Stadion Mulawarman, Arema akan menghadapi hukuman Komdis PSSI karena hujan kartu di Bontang. Ada LIMA pemain Arema yang mendapat kartu kuning dari wasit Oki Dwi Putra (Bandung), yakni Alam Shah, Bustomi, Purwaka, M. Fakhrudin, dan Markus.

Dalam regulasi musim lalu, setiap tim yang mendapat lebih dari empat kartu kuning akan dikenai denda sebesar Rp 15 hingga 20 juta, bila maksimal tiga kartu kuning, setiap kartu didenda Rp 3 juta.

Tak Ada Akumulasi, Alam Shah dan Purwaka Fit

Sisi positifnya, meski pemain Arema hujan kartu, tidak ada pemain yang terkena akumulasi saat bermain di Stadion Sempaja Samarinda, Minggu (25/10).

Pierre Njanka Arema“Semua pemain Arema (yang dibawa tour ke Kalimantan) bisa bermain lawan Persisam karena tidak ada yang terakumulasi kartu kuning,” kata asisten pelatih Arema, Liestiadi.

Saat melawan Bontang, dua pemain Arema terpaksa ditarik keluar karena harus menerima perawatan, yaitu striker Noh Alam Shah dan bek Purwaka Yudi. Keduanya digantikan Rahmat Afandi dan Waluyo.

Dari pemeriksaan tim dokter Arema, tidak ada cedera serius yang menimpa Alam Shah dan Purwaka, sehingga bisa dimainkan di Samarinda.

“Alam Shah hanya mengalami kram betis kanan, sedangkan Purwaka cedera ringan dan sudah pulih,” kata dokter tim Arema, Albert Rudianto.

Belum Layak di ISL

Imbang di Kediri, dihajar Persebaya, dan hanya menang via gol penalti lawan Persema Malang membuat manajemen Persisam mengultimatum pelatih Aji Santoso (foto bawah) dengan mematok kemenangan sebagai harga mati saat lawan Arema.

Aji SantosoBila gagal mengalahkan tim kota kelahirannya tersebut, Aji terancam digusur dari posisi sebagai pelatih Persisam. Konon, ketidakharmonisan hubungan pelatih dan manajemen Persisam tersebut dikarenakan adanya intervensi dan campur tangan manajemen dalam pemilihan pemain.

Persisam tampaknya belum “terbiasa” dengan kalimat lama: dalam sepak bola ada kalah dan menang. Mereka terbuai dengan kemenangan sejak di Divisi Utama.

“Sejak di Divisi Utama, Persisam tidak pernah kalah sedemikian besar,” kata manajer Persisam, Aidil Fitri, yang dilansir Detiksport.

Persisam yang dikenal sebagai Raja Penalti itu masih perlu bukti untuk layak bermain di Liga Super.

“Saya sudah sering meminta kepada pemain agar kemenangan tidak dari penalti untuk membuktikan kita layak di ISL,”

Sementara itu Aji Santoso juga mengakui kemenangan timnya yang hanya melalui penalti, namun menurut pelatih asal Kepanjen itu Ronald Fagundes dkk mampu menguasai jalannya pertandingan.

“Kemenangan kami (lawan Persema) memang dari gol penalti, tapi kami mampu menguasai jalannya permainan. Kami harus bermain lebih baik lagi saat lawan Arema nanti,” tegas Aji.

Persisam Full Team

Sama seperti Arema yang tampil full team, tuan rumah Persisam pun akan memainkan komposisi terbaiknya. Bek M. Robi sudah kembali dari hukuman akumulasi kartu, demikian juga striker Zaenal Arif.

Ada tiga mantan pemain Arema yang kini berkostum Persisam dan bisa dimainkan Aji, mereka adalah Akbar Rasyid, Ahmad Sembiring, dan Fandi Mochtar.

Bek Persisam, Hamka Hamzah, musim lalu mencatat kenangan manis saat lawan Arema sebagai pencetak gol tunggal kemenangan Persik Kediri di kandang Arema, Stadion Kanjuruhan.

Persisam vs Persema: Menang berkat gol tunggal dari titik putih
Persisam vs Persema: Persisam menang berkat gol tunggal Ronald Fagundes dari titik putih. (foto: Ambri/Kaltim Post)

Persisam Paksakan Kemenangan?

Dalam rapat technical meeting, Arema meminta wasit yang memipin pertandingan untuk bertindak fair play karena Arema akan melaporkan wasit ke PT Liga Indonesia bila ditemui kecurangan atau sikap tidak fair play.

Sepeti diketahui, kemenangan laga perdana Persisam lawan Persema dinilai kontroversial dan terkesan dipaksakan. Saat itu wasit mengubah keputusan dari tendangan sudut menjadi penalti.

Dengan kondisi internal tim yang sedang bermasalah, Persisam tampaknya tidak akan segan untuk menggunakan segala cara untuk memaksakan kemenangan, terlebih laga ini kabarnya batal disiarkan langsung oleh televisi nasional.

Robert Rene Alberts, pelatih AremaSiap Hadapi Non Teknis

Disinggung mengenai strategi yang akan dimainkan lawan Persisam, asisten pelatih Arema, Liestiadi, mewaspadai dua gelandang asing Persisam, Ronald Fagundes dan Danilo Fernando. Selain itu, Arema akan kembali bermain cepat seperti saat lawan Bontang FC.

Liestiadi menambahkan, Arema siap menghadapi faktor non teknis yang selama ini melekat di Persisam. Arema akan melawan faktor non teknis dengan kerja keras untuk meraih tiga poin.

“Pemain akan kerja keras, ngeyel, dan bermain seperti saat lawan Bontang FC untuk mengantisipasi faktor non teknis yang dikhawatirkan,” jelas Liestiadi.

“Arema harus tetap optimis dapat meraih tiga poin saat lawan Persisam. Saya ingin pemain bisa bermain seperti saat lawan Bontang. Tim sudah siapkan strategi untuk menghadapi Persisam yang punya materi banyak pemain berkualitas,” timpal pelatih Arema, Robert Alberts. (*)

Prakiraan Starting Lineup

PERSISAM: Wawan Hendrawan, Joel Tsimi, Hamka Hamzah, M. Robi, Supriyadi, Irsyad Aras, Fandi Mochtar, Ahmad Sembiring, Danilo Fernando, Ronald Fagundes, Agung Suprayogi

AREMA: Markus, Pierre Njanka, Purwaka, Hermawan, Zulkifli, Landry Poulongaye, Ahmad Bustomi, M. Fakhrudin, Ridhuan, Roman Chmelo, Alam Shah

Live Report:
Jelang Persisam vs Arema, dikirim oleh Arema Samarinda, Keluarga Besar Paguyuban Arema Samarinda, Kalimantan Timur

Komentar:

Radione sik loading ker...

Subscribe to Ongisnade

Recommend this on Google

Arematainment

DC United Kagum Aremania

Kiprah Aremania tampaknya akan semakin terkenal di penjuru dunia. Kalau sebelumnya tim asal Jerman, Eintracht Frankfurt memuji, kali ini DC
Baca selengkapnya

Ongisnadestore.com
Ongisnade.co.id




kritik dan saran