Musim Baru, Kostum Baru

31 May 2009 | 7:19 pm | dibaca 7,499 kali kali

Kostum baru Arema Malang musim 2008-2009Bagi klub sepak bola profesional luar negeri, kostum (jersey) merupakan salah satu aset yang mendatangkan pemasukan besar bagi finansial klub. Setiap akhir musim atau memasuki musim kompetisi baru, hampir semua klub merilis kostum baru mereka, baik home maupun away, dengan corak dan motif menyesuaikan apparel sponsor dan warna historis klub. Suporter tidak ragu membeli jersey resmi klub hingga puluhan poundsterling karena selain menjadi kebanggan, juga membantu finansial klub.

Bagi tim-tim di Indonesia, keberadaan kostum atau jersey belum dimaksimalkan untuk meningkatkan pendapatan dan membantu finansial klub. Masih rendahnya perlindungan hukum dan tingginya pembajakan menjadi salah satu sebab, selain faktor ekonomi dan sosial budaya. PSIS Semarang pernah mencoba konsep penjualan kostum resmi pada gerai mereka namun akhirnya kolaps.

Arema selama dua musim terakhir ini didukung oleh apparel internasional, Puma. Arema merupakan satu-satunya tim sepak bola di Indonesia yang apparel-nya disupport Puma. Corak dan warna kostum Arema pada dua musim terakhir berganti dari kombinasi biru – kuning menjadi biru tua – biru.

Berikut kostum baru tim-tim sepak bola musim 2009/10 yang sudah dirilis dan mungkin konsepnya bisa menjadi inspirasi klub-klub sepak bola nasional.


Kostum away Liverpool, bernuansa hitam


Kostum away Arsenal, bergaya retro, lihat foto bawah


Kostum baru Chelsea, terinspirasi Terminator?


Kostum away Celtic, bernuansa tradisional Skotlandia


Kostum baru Manchester City, bukti invasi bisnis timur tengah

Kostum baru Manchester United
Kostum Manchester United 2009-2010

Park Ji-Sung
Park Ji-Sung dengan kostum baru Setan Merah


Puma milik Tottenham Hotspur, minimalis dan elegan


Puma milik Arema 2008/09, nuansa Bentoel Biru

Bagaimana dengan kostum Arema musim depan? Apakah akan meluncurkan kostum baru dengan apparel Puma atau yang lain? Apakah penjualan kostum resmi bisa mulai diterapkan tim-tim Indonesia? Patut kita tunggu bersama.
(onn/zul) (foto: Dailymail/Adi Kusumajaya/Ongisnade)

Komentar:

Radione sik loading ker...

Subscribe to Ongisnade

Recommend this on Google

Arematainment

DC United Kagum Aremania

Kiprah Aremania tampaknya akan semakin terkenal di penjuru dunia. Kalau sebelumnya tim asal Jerman, Eintracht Frankfurt memuji, kali ini DC
Baca selengkapnya

Ongisnadestore.com
Ongisnade.co.id




kritik dan saran