Interview: Roman Chmelo

7 May 2009 | 9:52 am | dibaca 8,990 kali kali

Roman Chmelo Arema MalangInterview ekslusif Ongisnade.net dengan Roman Chmelo
Gelandang Arema Malang asal Slovakia, Roman Chmelo mengaku pilihannya untuk bergabung dengan Singo Edan di awal putaran kedua Liga Super Indonesia adalah momen paling menyenangkan selama perjalanan karirnya. Uniknya, pemain bernomor punggung 22 itu sebelumnya tidak banyak tahu tentang sepak bola Indonesia maupun Arema.

Namun setelah melewati sejumlah pertandingan di Liga Super bersama Arema, pemain kelahiran 9 September 1980 itu mulai beradaptasi dan mengenal sepak bola Indonesia yang menurutnya memiliki atmosfer luar biasa, terutama ketika bermain home di Stadion Kanjuruhan.

Apa pendapat Roman mengenai awal karirnya sebagai pemain profesional, tentang Arema dan Aremania, tentang hobi dan hal-hal kesukaannya di luar sepak bola, berikut interview Zul dari Ongisnade.net bersama Roman Chmelo.

Roman Chmelo, selamat datang di sepak bola Indonesia dan Arema Malang. Sebelumnya, yang kamu telah kamu ketahui tentang Arema dan Aremania?

Terima kasih. Aku tidak banyak tahu tentang sepak bola Indonesia karena belum pernah main di sini. Juga dengan Arema, aku belum banyak tahu. Tetapi setelah dua bulan di sini, aku lebih banyak tahu tentang Arema dan suporter. Mereka luar biasa terutama ketika Arema main di kandang.

Apakah kamu banyak mengetahui sepak bola Indonesia dari pemain asing lain?

Aku berteman dengan Robbie Gaspar (Persiba Balikpapan), tapi tidak terlalu dekat. Aku banyak tahu tentang Arema dan sepak bola Indonesia dari teman satu kamarku, Fortune Udo. Aku juga banyak bicara dengan Patricio Morales. Sangat menyenangkan.

Baca juga
· Roman Chmelo: Lebih baik diam
· Persiba v Arema, gol pertama Roman untuk Arema
· Wallpaper Roman Chmelo
· Gusnul Yakin: Roman Chmelo pemain asing terbaik

Roman Chmelo Arema Malang
Roman ketika sesi interview dengan Ongisnade.net

Bagaimana kualitas kompetisi di Indonesia? Apa beda main di Indonesia dengan di Malaysia (sebelumnya Roman bermain di PKNS Selangor).

Sepak bola di Indonesia lebih menarik. Atmosfer pertandingan di sini hebat. Penonton juga lebih fanatik. Tetapi di sini permainan sangat keras, banyak tekel-tekel berbahaya yang dibiarkan oleh wasit. Di Malaysia dan Eropa, wasit melindungi pemain. Menurutku di sini lebih ketat dan keras.

Pertandingan pertama Arema setelah kamu resmi dikontrak (tapi belum bisa bermain karena regulasi BLI) adalah kalah 0-5 di kandang sendiri dari Persipura, bagaimana menurut kamu?

Itu adalah kekalahan yang cukup besar, tapi Persipura tim kuat pemain mereka juga bagus, sedangkan Arema saat itu banyak pemain yang tidak main. Aku pikir dengan melihat pertandingan itu tidak membuat aku merasa salah memilih klub karena menurutku Arema bisa bangkit dari kekalahan.

Arema belum pernah menang dalam lima pertandingan terakhir?

Aku harap kami bisa kembali ke jalur kemenangan dengan mengalahkan Persib Bandung hari Sabtu nanti di Stadion Kanjuruhan. Dengan kerja keras dan dukungan penuh suporter, aku rasa kami mampu kembali meraih kemenangan.

Bisa kamu ceritakan awal karir sebagai pemain sepak bola profesional?

Aku berasal dari desa kecil dan mulai main sepak bola sejak usia 9 tahun. Umur 12 tahun aku mulai serius main sepak bola dan ikut klub lokal di sana. Klub profesional pertamaku adalah Levice. Setelah dari Malaysia bersama PKNS, aku bermain di Dunajska Streda, lalu sekarang di Arema.

Bagaimana menurutmu tentang tim nasional Slovakia?

Aku tidak banyak kenal langsung dengan pemain-pemain timnas, tetapi aku mengikuti perjalanan timnas Slovakia di kualifikasi Piala Dunia 2010. Aku pikir mereka memiliki peluang lolos (saat ini Slovakia menempati posisi runner up klasemen grup 3 zona Eropa). Secara umum menurutku sepak bola Slovakia semakin meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Aku senang dengan pencapaian timnas Slovakia saat ini.

Kemana kamu pergi ketika akhir pekan atau libur latihan?

Saat ini kompetisi sangat padat, tidak banyak waktu libur latihan. Kita harus bertanding tiga kali seminggu. Tapi saat ada libur, aku tidak pergi ke mana-mana. Transportasi di sini sangat sulit, kita harus naik pesawat untuk pergi ke tempat lain. Di Slovakia aku hanya perlu naik mobil ke kota lain.

Apakah ketika kamu pensiun nanti ingin menjadi pelatih sepak bola?

Aku masih ingin menikmati bermain sepak bola dan belum memikirkan hal itu (pensiun atau menjadi pelatih). Tapi bila nanti sudah pensiun, aku mungkin tidak akan lepas dari dunia sepak bola. Mungkin saja aku akan jadi pelatih atau manajer.

Apakah suatu saat nanti kamu akan kembali bermain di klub Eropa?

Aku tidak tahu, semua hal bisa terjadi di sepak bola. Mungkin saja aku mengalami cedera dan tidak bisa main lagi, tapi untuk sekarang aku hanya ingin menikmati sepak bola bersama Arema.

Siapa pemain favorit kamu?

Hmmm… aku suka permainan Paul Scholes dan Michael Carrick. Mereka pemain bagus di lapangan tengah Manchester United.

Dan klub favorit kamu?

Tentu saja Manchester United.

Selamat MU ke final, kamu nonton Liga Champions di televisi? Bagaimana peluang MU di final?

Aku tidak menonton pertandingan itu karena aku harus istirahat. Tetapi aku baca di koran MU menang 3-1 lawan Arsenal dan tentu saja aku senang. Lawan MU mungkin Barcelona. Mereka tim bagus. Aku pikir MU akan kembali menang di final nanti.

Apa makanan favorit kamu di Malang?

Aku suka nasi goreng dan minum jus jeruk. Aku sering beli menu itu bersama Pato (Patricio Morales) dan Udo (Fortune Udo).

Apa film kesukaan kamu?

Aku suka nonton banyak film. Hampir du ratus film sudah aku tonton, tidak ada satu film khusus yang paling aku suka. Hanya saja aku lebih senang nonton film dengan genre action.

Roman Chmelo Arema Malang
Roman dengan cd majalah digital Ongisnade Magazine

Seberapa sering kamu mengakses internet dan Ongisnade.net?

Hampir setiap hari aku ke warnet untuk akses internet. Aku juga selalu buka Ongisnade.net. Tapi karena aku belum bisa bahasa Indonesia, aku lebih suka lihat foto-fotonya. Hahaha… Menurutku (Ongisnade.net) sangat bagus dan menarik. Aku juga suka dengan majalahnya (Ongisnade Magazine)

Ada pesan khusus untuk Aremania dan pengunjung Ongisnade.net?

Aremania hebat, aku belum pernah bermain dengan dukungan suporter sebanyak itu. Menurutku mereka sangat hebat dan aku harap tetap memberi dukungan untuk kemenangan tim Arema. Bermain di sini adalah hal terhebat sepanjang karirku hingga saat ini. (*) (onn/zul) (foto: Adi Kusumajaya/Ongisnade)

Komentar:

Radione sik loading ker...

Subscribe to Ongisnade

Recommend this on Google

Arematainment

DC United Kagum Aremania

Kiprah Aremania tampaknya akan semakin terkenal di penjuru dunia. Kalau sebelumnya tim asal Jerman, Eintracht Frankfurt memuji, kali ini DC
Baca selengkapnya

Ongisnadestore.com
Ongisnade.co.id




kritik dan saran